Asal-Usul Desa

Babat Desa erat sekali dengan babat kabupaten, dengan kerajaan/negeri. Untuk itu dalam menulis babat Desakhususnya DesaMuangan juga perlu mempelajari babat Madura.

 Dasar lain agar mendekati kebenaran tentang babat DesaMuangan bisa melihat peninggalan-peninggalan lama yan g masih ada, cerita-cerita para orang dulu. Dan dari penuturan dari berbagai sumber bahwa sebenarnya nama Desa Muangan diambil atau berasal dari kata “pamuangan” (pembuangan). Menurut sejarah, Muangan terletak di muara sungai merupakan tempat pembuangan dari sungai kebun agung, sungai batuan, sungai pakong, sungai C.9 dan sungai bunet. Dari kata “pamuangan” itulah akhirnya tercipta nama “Muangan”.

Dasar lain dengan cerita para tokoh adalah Desa Muangan juga berarti di ambil dari kata “pamuangan”. Bahwasanya dahulu kala telah ditemukan orang terhanyut dan ditemukan tepat di sungai. Orang tersebut terbukti hidup selama masih terhanyut di sungai. Sehingga sungai itu akhirnya dijuluki sebagai sungai “Muangan”, bahkan keturunan dari orang terhanyut itu hingga sekarang masih berada di Desa Muangan
0 Komentar