Kondisi Geografis Desa


Angka curah hujan Desa Mungan rata-rata cukup rendah sebesar 15 mm pertahun sebagai mana daerah lain di Indonesia, Desa Muangan beriklim tropis dengan tingkat kelembaban udara kurang lebih 55% dan suhu udara rata-rata 24-32˚C, serta curah hujan terendah terjadi pada bulan Juni sampai dengan bulan Oktober

Iklim DesaMuangan sama dengan iklim keseluruhan Kabupaten Sumenep, yakni iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim hujan antara bulan November – April dan musim kemarau antara bulan April -  November.

Secara administratif Desa Muangan terletah sekitar 3 kilometer dari kecamatan Saronggi, dengan dibatasi oleh wilayah desa-Desa tetangga diantaranya di sebelah utara berbatasan dengan Desa Sindir, sebelah timur berbatasan dengan Desa Madelan. Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Nambakor, sedangakan sebelah barat berbatasan dengan Desa Juluk.

Adapun pembagian wilayah pemerintahan Desa Muangan terdiri atas 2 dusun dengan 5 Rukun Tetangga (RT) yang meliputi :

  • Dusun Muangan terdiri atas 3 Rukun Tetangga
  • Dusun Solot terdiri atas 2 Rukun Tetangga 
Luas wilayah Desa Muangan sebesar 3,26 km². Luas lahan yang ada terbagi dalam beberapa peruntukan, dapat dikelompokkan seperti untuk fasilitas umum, pemukiman,pertanian, kegiatan ekonomi dan lain-lain. Luas lahan yang diperuntukkan fasilitas umum diantaranya luas tanah untuk jalan 45,30 ha : luas tanah untuk bangunan umum 9,99 ha; luas tanah untuk pemakaman 1,51 ha.

Untuk kegiatan perekonomian masyarakat pada umumnya yaitu pertanian yang terdiri dari Lahan Sawah 112,41 ha, Ladang/Tegalan 158,47 ha, Hutan Rakyat 0,0 ha. Selebihnya untuk lahan pemukiman seluas 9,99 ha.
 


Previous
Next Post »
0 Komentar